Pendataan penduduk dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dalam hal pelayanan masyarakat Perumahan BPTW RT.04 RW.14 Tritih Lor , Cilacap dimana selama ini masih mempunyai sistem yang belum terkomputerisasi sehingga menyulitkan dan memperlambat dalam proses pengolahan data penduduk. Kebutuhan informasi dalam tingkat RT merupakan data dasar sebagai rujukan informasi ditingkat Kelurahan atau Kecamatan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk membangun aplikasi pengolahan data tersebut. Tujuan dari pengolahan data ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada warga dan perangkat RT guna memberikan efisiensi dalam pelayanan masyarakat terkhusus di masa pandemi sekarang ini.
Automasi Intellegence Sistem Informasi Warga (Sinaga 04) merupakan aplikasi yang sudah digunakan oleh warga di Perum BPTW RT.04 RW.14 Tritih Lor-Cilacap dengan alamat url www.sinaga04.online merupakan imlementasi dan solusi dari masalah yang ada di wilayah tersebut terkait dengan pendataan warga. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka serta metode pengembangan perangkat lunak menggunakan metode water fall. Adapun metode pengujian dalam penelitian ini menggunakan pengujian black box yang dilakukan menguji perangkat lunak dari segi spesifikasi fungsional.
Kata Kunci : Black-Box,Pengolahan Data, waterfall,
Dalam era globalisasi saat ini, Perkembangan teknologi yang semakin cepat telah membawa kemajuan yang besar dalam berbagai bidang, baik diinstansi pemerintah maupun swasta, terutama bagi negara maju seperti Indonesia. Peran dan dukungan teknologi sangat penting dalam proses kegiatan maupun aktivitas, Peran ini bertujuan mempermudah dan memperlancar jalanya aktivitas, baik itu kegiatan dalam sehari – hari maupun saat bekerja. Efektifitas dari sebuah pekerjaan sangat diperlukan mengingat padatnya aktivitas ataupun pekerjaan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Dibutuhkan suatu penunjang yang dapat bekerja secara akurat dan cepat dalam mengelola aktivitas ataupun kegiatan yang dapat mendukung tercapainya kinerja yang lebih efektif.
Sistem terdigitalisai adalah salah satu cara untuk mempermudah kinerja suatu instansi/lembaga sehingga dalam melakukan pengolahan data dapat dilakukan dengan akurat, cepat dan tepat. Sistem yang dibuat harus mempertimbangkan aspek kemudahan dalam pengaksesan suatu data sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari data dan update secara otomatis. Pemanfaatan teknologi digital pada masa pandemi merubah paradigma orang terhadap interaksi sosial terutama di lingkungan RT.
Menurut Permendagri (Peraturan Pemerintah dalam Negeri) Nomor 7 tahun 1983 tentang pembentukan RT dan RW yang menyatakan Rukun Tetangga (RT) merupakan suatu organisasi pelayanan masyarakat yang berada di bawah naungan Rukun Warga dalam wilayah kelurahan atau desa dan dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat. Rukun Tetangga (RT) sebagai organisasi yang lebih dekat dengan masyarakat, tentu harus memberikan layanan terbaik sebagai garda terdepan pelayanan, salah satu Rukun Tetangga (RT) yang ada di Kota Cilacap dan juga merupakan objek penelitian ini yaitu Perum BPTW RT. 4 pada RW. 14 Kelurahan Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi Cilacap yang tercatat terdapat kurang lebih 80 keluarga pada saat ini.
Rukun Tetangga (RT) memiliki banyak tugas dan fungsi seperti yang tertera dalam Permendagri Nomor 7 tahun 1983, salah satunya adalah dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat misalnya pendataan warga untuk pengamatan tertentu yang diperlukan sebagai arsip desa atau kelurahan. Pada lingkungan RT. 4 RW. 14 Kelurahan Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap pendataan warga yang dilakukan ketua RT masih dilakukan secara manual, dimana biasanya ketua RT perlu mencari data warga secara dalam buku catatan data warga sehingga proses pencarian membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mencari data warga Pendataan warga pada lingkungan tersebut masih dilakukan secara manual dimana ketua RT dibantu sekretaris masih menginputkannya secara manual dan mengelolanya juga secara manual, semisal ingin mencari data warga maka ketua RT masih mencari satu persatu dari data warga yang sudah terdaftar di RT tersebut sehingga proses pencarian data warga cukup memakan waktu dalam hal mencari data. Apabila ada warga pendatang dari luar kota tentunya melapor hanya dengan aplikasi secara online. Warga dengan mudah dapat update data secara otomatis apabila ada penambahan anggota keluarga.
Untuk itu tujuan aplikasi ini adalah memudahkan pendataan warga sebagai solusi permasalahan yang timbul dari data administrasi warga secara manual dan penambahan data keluarga serta pencarian data yang manual. Sehingga aplikasi berbasis website tersebut dapat mempermudah ketua RT dan perangkat RT untuk mendata warganya pada aplikasi website pendataan warga tersebut
1. Originalitas
Inovasi ini merupakan hasil temuan asli kami dari pengalaman peneliti sebagai perangkat RT. Kami menilai bahwa permasalahan yang dialami setiap perangkat RT adalah pengadministrasian yang kurang lengkap dan manual, sehingga untuk mendapatkan data terkadang harus meminta lagi ke keluarga yang bersangkutan dan tidak efektif. Data yang dikumpulkan di perangkat RT ada kemungkinan hilang. rusak atau tercecer di suatu tempat apabila pengadministrasiannya tidak baik. Apabila ada warga yang meninggal, untuk mendapatkan KK dan KTP harus menanyakan kepada keluarga. Jika terdapat anggota keluarga baru di wilayah tersebut harus mengumpulkan KK, KTP atau data diri lainnya untuk diserahkan ke perangkat RT, yang ada kemungkinan hilang atau rusak. Dari permasalahan yang kami temukan ini, ada potensi untuk menciptakan sebuah teknologi baru yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, selanjutnya kami melakukan study literatur dengan wawancara sesuai dengan kebutuhan dari perangkat RT untuk pengadministrasian data warga. Keunggulan dari inovasi ini yaitu kemudahan dalam akses data, baik sebagai warga atau perangkat RT sehingga dapat memotong jalur komunikasi atau kordinasi di tingkat RT, serta apabila ada warga baru atau keluarga baru bisa langsung update data warga tersebut sesuai dengan user dan password yang sudah ada sehingga data yang disajikan dalam lingkungan terebut menjadi akurat dan valid.
2.Kepioniran
SINAGA 04 ini merupakan rangkaian rekayasa teknologi yang sudah diberlakukan di wilayah Perum BPTW RT.04 RW.14 Tritih Lor Cilacap selama 1 tahun, sehingga sistem ini sudah sesuai dengan kebutuhan dari perangkat RT wilayah tersebut. Sinaga 04 dapat diakses melalui HP masing masing warga. Saat ini data yang sudah masuk sebanyak 80 KK dan setiap warga bertanggung jawab ataas data masing masing. Rencana kedepan dari inovasi ini yaitu kami akan menambah menu yang akan disesuaikan dengan kebutuhan Kelurahan dan Kecamatan sehingga data akurat. Sistem ini akan dipersiapkan untuk data besar dalam 1 RW di Perum BPTW. Selain data warga, akan kami lengkapi dengan sistem yang terpusat untuk pelayanan terhadap warga seperti pembuatan surat pengantar yang bisa didownload di sistem tersebut.
3. Keberlangsungan
Teknologi memegang peran sangat penting dalam mendukung proses dalam segala hal. Teknologi dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan dalam lingkungan. Saat ini, umumnya kegiatan administrasi menggunakan teknologi informasi untuk mengurangi cara-cara manual yang bisa mempersulit warga. Manfaat dari produk inovasi sistem ini yaitu untuk warga di Perum BPTW RT.04 RW.14 Tritih Lor Cilacap dengan menerapkan sistem integrasi online sehingga tingkat efektif dan eifisien dapat bisa tercapai. Keberlangsungan sistem ini akan terus berupaya untuk memudahkan dalam pengadministrasian warga
Nama | : | Zulfikar Yusya Mubarak |
Alamat | : | Perum BPTW Blok S9 , Cilacap |
No. Telepon | : | 085600756598 |