Siatex merupakan sistem informasi akademik yang dikembangkan SMK Texmaco Semarang, yang berisi fitur-fitur aplikasi di bidang Kurikulum (E-Raport, RPP/Silabus, E-Journal, Action Plan, E-Modul, Digital Library, Ulangan Online, Buku Induk, SKL/Transkrip, Agenda Harian, Ketuntasan Belajar), Kesiswaan (PPDB, E-Bintal, Data Mutasi Bulanan, Ekskul Siswa, Screening Kehadiran, Sertifikat Vaksin), Hubinmas (PKL Online, Alumni Tracking, Penyaluran Alumni), Tata Usaha (Disiposisi, Surat Masuk), Sarpras (PO Online, E-Inventory, Data Asset, Kepegawaian (Buku Induk Pegawai, Analisa Pegawai, E-PK, E-Supervisi, Sertifikat Vaksin) dan Keuangan (EFinance Pemasukan, EFinance Pengeluaran,POS Online) . Setiap fitur aplikasi digunakan untuk membantu dalam proses pekerjaan masing-masing bidang/ bagian, yang terhubung dalam satu basisdata utama. Keberadaan Siatex dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing bagian. Siatex sudah sampai tahap pemasaran dengan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Perubahan kurikulum di dunia pendidikan sangat dinamis, memberikan dampak yang dinamis pula pada administrasi yang harus diselesaikan oleh setiap institusi pendidikan (sekolah). Banyaknya administrasi guru memberikan ide untuk mengembangkan aplikasi yang dapat membantu meringankan tugas-tugas administrasi tersebut. Siatex dikembangkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan. Pada awal perkembangannya Siatex hanya berupa aplikasi E-Raport, yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengelola sistem penilaian hasil belajar siswa. Dengan keberhasilan E_Raport, Siatex kemudian semakin berkembang dengan penambahan fitur-fitur baru baik itu di bagian Kurikulum, Kesiswaan, Hubinmas, Sarpras, Tata Usaha, Ketenagaan, dan Keuangan. Bahkan Siatex kemudian diadopsi oleh beberapa sekolah yang membutuhkan aplikasi yang serupa, dengan kustomisasi sesuai kebutuhan sekolah masing-masing.
Siatex memiliki beberapa kelebihan, tetapi yang paling utama adalah Siatex menggunakan basisdata yang terpadu, yang saling terhubung antar fitur yang satu dengan yg lain, sehingga lebih efektif dan efisien. Selain itu sistem auto backup juga menjadikan Siatex lebih aman karena mempunyai backup yang menjamin konsistensi data yang tersimpan dalam basisdata siatex,
DAFTAR APLIKASI/FITUR DI SIATEX
NO |
NAMA FITUR |
DESKRIPSI |
1. |
RPP SILABUS |
Aplikasi tentang data silabus, RPP, prota dan promes SMK Texmaco Semarang
|
2. |
E-Journal |
Aplikasi yang digunakan untuk memonitor proses belajar mengajar baik offline maupun online
|
3. |
Action Plan |
Aplikasi yang digunakan untuk proses pencatatan agenda mengajar secara online dan realtime, yang terintegrasi dengan absensi siswa, RPP dan E-Journal
|
4. |
Modul Pembelajaran |
Aplikasi yang berisi link modul dan video pembelajaran pembelajaran untuk semua mapel, baik modul untuk guru maupun siswa
|
5. |
Digital Library |
Aplikasi yang berisi tentang data buku-buku yang ada di perpustakaan
|
6. |
Ulangan Online |
Aplikasi yang digunakan untuk proses penilaian UTS, UAS, Ujian sekolah secara online
|
7. |
E-Raport |
Aplikasi yang digunakan untuk perekaman hasil belajar siswa (raport) secara online, terintegrasi dengan data siswa, guru, penjadwalan PBM, dan data pembayaran siswa (SPP dan SPI)
|
8. |
Buku Induk |
Aplikasi yang digunakan untuk perekaman data induk siswa (biodata dan nilai), yang secara otomatis tercreate dari data raport
|
9. |
SKL/Transkrip |
Aplikasi SKL/Transkrip online, yang terhubung dengan data pembayaran siswa
|
10. |
Agenda Harian |
Aplikasi yang digunakan untuk merekap jurnal pembelajaran |
2. KESISWAAN
No |
NAMA APLIKASI |
DESKRIPSI |
1.
|
PPDB
|
Aplikasi yang digunakan untuk proses pendaftaran calon siswa baru sekaligus untuk input data awal sebagai master data siswa. Yang didalamnya juga berisi menu pengukuran Seragam calon siswa baru untuk dasar pemesanan dan pembuatan seragam siswa baru(untuk mengelola kebutuhan seragam dan untuk melihat stok seragam). Aplikasi PPD berisi : User Pendaftaran User Kesehatan User Wawancara User Psikotes User Verifikator User Keuangan User Pengukuran dan distribusi seragam User Admin Sekolah User Admin Yayasan |
2.
|
E-Bintal
|
Aplikasi yang digunakan untuk mencatat pelanggaran siswa,mencatat prestasi siswa,mencatat tindak lanjut serta input Threatment Aplikasi E-Bintal berisi : User STP2K User BK User WaKa Kesiswaan Serta Admin Berisi Menu : Dashboard Jadwal piket Guru STP2K dan BK Prestasi Master Pelanggaran Input Pelanggaran Tindak Lanjut Treatment Rekap Pelanggaran bulanan Rekap poin Pelanggaran
|
3 |
Screening kehadiran |
Aplikasi yang digunakan untuk screening covid 19. Yang terdiri dari user sebagai guru dan siswa dan user sebagai admin User guru dan siswa berisi : Screening kehadiran guru(berisi formulir screening guru) Screening kehadiran siswa(berisi formulir screening siswa) User sebagai admin berisi : Screening kehadiran guru(untuk melihat data guru yang diijinkan dan tidak diijinkan PTM) Screening kehadiran siswa(untuk melihat data siswa yang diijinkan dan tidak diijinkan PTM) Jadwal screening guru Jadwal screening siswa
|
4 |
Ekskul siswa
|
Aplikasi yang digunakan untuk mengelola kegiatan ekstrakurikuler siswa. Berisi menu : Jadwal ekskul siswa Presensi ekskul Rekap ekskul siswa Jadwal piket ekskul e-journal Daftar ekskul siswa Monitoring ekskul e-journal
|
5 |
Data Mutasi Bulanan
|
Aplikasi yang digunakan untuk mencatat dan melihat data mutasi siswa. |
6. |
Sertifikat Vaksin |
Aplikasi yang digunakan untuk mendata dan upload sertifikat vaksin siswa |
3. HUBINMAS
|
NAMA APLIKASI |
DESKRIPSI |
1.
|
PKL Online
|
Aplikasi yang digunakan mengelola data Praktek Kerja Lapangan siswa kelas XI. Terdiri dari : User sebagai admin(Berisi laporan data siswa PKL berdasarkan status) User sebagai WaKa Hubinmas Berisi menu : Beranda Profile Data Prakerin Manage Pelaporan data(berisi rekap data prakerin dan rekap data perusahaan) Pengajuan PKL(berisi master data perusahaan,periode magang,aspek penilaian PKL,pengajuan PKL,penerimaan PKL,Dokumen pendukung, guru monitoring, nilai magang, cetak sertifikat PKL, Rekap PKL, Rekap data perusahaan) Logout
User sebagai KKK(berisi menu pengajuan PKL untuk memvalidasi Pengajuan PKL siswa) User sebagai siswa(berisi menu pengajuan PKL ) |
2 |
Alumni Tracking |
Aplikasi yang digunakan untuk pencatatan data alumni |
3. |
Penyaluran lulusan |
Aplikasi yang digunakan untuk memantau data penyaluran lulusan |
4. ADMINISTRASI
No. |
Aplikasi |
Deskripsi |
1. |
Disposisi Surat Masuk (DSM) |
Aplikasi yang digunakan untuk mengelola Surat Masuk, sampai tahap disposisi ke bagian yang ditentukan |
2. |
Surat Masuk |
Aplikasi yang digunakan untuk pendataan surat masuk |
5. KEPEGAWAIAN
NO |
APLIKASI |
DESKRIPSI |
1.
|
PO ONLINE
|
Aplikasi yang digunakan untuk pengajuan Anggaran ke Yayasan |
2 |
E-Inventory
|
Aplikasi yang digunakan untuk mengelola data inventaris
|
3 |
Daftar Asset |
Aplikasi yang digunakan untuk mendata Asset sekolah (Berisi nama barang,Spesifikasi,Harga serta sumber Dana) |
4. |
Inventarisasi New |
Aplikasi yang digunakan untuk pengelolaan inventaris versi baru |
6. SARPRAS
No. |
Aplikasi |
Deskripsi |
1.
|
Buku Induk Pegawai
|
Aplikasi yang digunakan untuk melihat staus pegawai dan status supervi pegawai Berisi Menu : Menambah pegawai baru Mengedit data pegawai Menghapus pegawai Cek supervi pegawai |
2 |
E-Supervisi |
Aplikasi yang digunakan untuk mensupervisi guru SMK Texmaco Semarang. Berisi : Jadwal Proses |
Nama | : | Nur Alimah S.Pd, MT |
Alamat | : | Jl. Raya Mangkang KM.16 Mangkang Kulon, Kec. Tugu Semarang |
No. Telepon | : | (024) 8661966 |