SEGO JANGKRIK ( semangat gotong royong jaga lingkungan Kudus agar menarik ) Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Dengan Implementasi Pada Android Dan Chromebook

Pengelolaan sampah yang baik harus melibatkan partisipasi dari
masyarakat untuk itu perlu pengenalan sejak dini. Di lingkungan sekolah,
pengelolaan sampah membutuhkan perhatian serius. Dengan komposisi
sebagian besar penghuninya adalah anak-anak [warga belajar] tidak
menutup kemungkinan pengelolaannya pun belum optimal. Salah satu
parameter sekolah yang baik adalah berwawasan lingkungan. Pentingnya
pemahaman pengelolaan sampah bagi siswa sekolah dasar khususnya
bagaimana bisa memberikan pemahaman benar pada siswa tentang isu
sampah, agar mereka mau mengelola sampahnya demi terwujudnya
lingkungan menjadi lebih bersih. Suatu media pembelajaran interaktif
merupakan suatu teknologi baru guna mengubah cara kegiatan belajar
mengajar lebih efektif dengan sangat menyenangkan. Dalam proposal ini
penulis membuat dan merancang sebuah media pembelajaran interaktif
game edukasi berbasis android untuk mempermudah pemahaman
mempelajari pengelolaan sampah. MPI Berbasis Android SEGO
JANGKRIK ini penulis menginovasi konsep penyampaian dan
pembelajaran dengan menggunakan MPI dalam aplikasi android yang
memadukan gambar, audio dan animasi untuk konten yang lebih menarik.
Dengan adanya inovasi tersebut diharapkan menebarkan kesadaran
tentang pentingnya mengelola sampah, memiliki rasa cinta kebersihan dan
menularkannya kepada orang lain. Jika itu terus disebarluaskan,
dampaknya akan semakin besar. Semua dimulai dari hal yang kecil, mari
kita mulai dari langkah kecil dan mulai dari diri sendiri. Jika kita terus
tekun, itu akan berdampak besar.
 

Perkembangan Kabupaten Kudus yang demikian pesat,
serta diikuti pertambahan jumlah penduduk yang semakin padat
dengan berbagai aktivitas, dapat memberikan dampak negatif
terhadap lingkungan. Disamping itu, pola konsumsi masyarakat
memberikan kontribusi dalam menimbulkan jenis sampah yang
semakin beragam. Sampah pada dasarnya merupakan suatu
bahan yang terbuang atau dibuang hasil aktifitas manusia maupun
proses-proses alam. Penangangan dan pengelolaan akan semakin
kompleks dan rumit dengan semakin kompleksnya jenis maupun
komposisi sampah.
Undang-undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan
Sampah sudah diberlakukan. Setiap rumah tangga sebagai
penghasil sampah tidak bisa lagi mengabaikan urusan sampahnya.
Pengelolaan sampah tidak bisa diselesaikan hanya oleh
pemerintah dengan mengumpulkan, mengangkut dan membuang
sampah ke TPA saja, tetapi harus dilakukan secara tesusun dan
terpadu agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi
masyarakat dan aman bagi lingkungan, serta dapat mengubah
perilaku masyarakat. Selama ini sebagian besar masyarakat masih
memandang sampah sebagai barang sisa yang tidak berguna,
bukan sebagai sumberdaya yang perlu dimanfaatkan.
Paradigma pengelolaan sampah yang bertumpu pada
pendekatan akhir sudah saatnya ditinggalkan dan diganti dengan
paradigma baru pengelolaan sampah. Paradigma baru memandang
sampah sebagai sumberdaya yang mempunyai nilai ekonomi dan
dapat dimanfaatkan, misalnya untuk energi, kompos, pupuk cair
ataupun kerajinan. Pengelolaan sampah dengan paradigma baru
tersebut dilakukan dengan kegiatan pengurangan dan penanganan
sampah. Pengurangan sampah meliputi kegiatan pembatasan,
penggunaan kembali, dan pendaur ulangan, sedangkan
penanganan sampah meliputi pemilahan, pengumpulan,
pengangkutan, pengolahan dan pemrosesan akhir. Masalah
sampah tidak bisa diselesaikan hanya oleh Pemerintah. Sudah
saatnya sebagai penghasil sampah kita ikut membantu, bahkan ikut
bertanggung jawab minimal mengurus sampahnya sendiri.
Menjadi guru zaman now, tentunya kita harus memiliki
kemampuan abad 21 salah satunya literasi dibidang teknologi.
Guru zaman now dituntut untuk mampu memanfaatkan kemajuan
teknologi secara tepat dan proporsional bagi proses pembelajaran.
Tentu, pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran haruslah
di imbangi dengan pengetahuan dan kemapanan skill yang harus
dimiliki oleh guru. Pemanfaatan teknologi dalam proses
pembelajaran sekarang ini tak terelakkan lagi, sebagai cara baru
dalam mempelajari pengetahuan dan proses belajar mengajar.
Untuk itu dibutuhkan media dan metode yang tepat agar proses
pembelajaran dapat sampai kepada siswa secara tepat. Salah
satunya adalah pemanfaatan media yang berbasis teknologi
melalui multimedia pembelajaran Interaktif (MPI) atau Game
edukasi berbasis Android.
Aplikasi SEGO JANGKRIK ini dibuat dalam rangka sebagai
wujud inovasi dalam mengedukasi siswa SD kabupaten Kudus dan
masyarakat kabupaten Kudus pada umumnya untuk berperan aktif
dalam pengelolaan sampah sehingga mewujudkan kualitas
lingkungan kabupaten Kudus yang sehat dan bersih.
Asal mula terinspirasi nama aplikasi SEGO JANGKRIK
berawal dari tradisi budaya Kudus yaitu buka luwur makam Sunan
Kudus. Dalam acara tersebut ada pembagian sego jangkrik. Sego
jangkrik merupakan nasi dengan lauk daging kerbau. Menariknya,
nasi ini dibungkus dengan daun jati kemudian ditali menggunakan
anyaman utasan bambu serta dibawa menggunakan keranjang
bambu . Bungkus daun jati merupakan sampah organik. Dari tradisi
tersebut kita dapat pembelajaran dari leluhur kita dulu bahwa sudah
diajarkan bagaimana cara menggunakan bahan pembungkus yang
ramah lingkungan. SEGO JANGKRIK merupakan akronim dari
Semangat Gotong Royong Jaga Lingkungan Kudus Agar
Menarik

 

Keunggulan menggunakan media pembelajaran interaktif dalam
pembelajaran diantaranya :
• Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
• Pendidik akan lebih kreatif dan inofatif dalam mencari trobosan
pembelajaran
• Dapat menggabungkan teks, gambar,audio, animasi dalam
satu kesatuan dan saling mendukung untuk tercapainya tujuan
pembelajaran.
• Menambah motivasi peserta didik selama proses pembelajaran
• Mampu memvisualisasikan materi yang sulit di terangkan
dengan bantuan alat konvensional
• Melatih peserta didik untuk lebih mandiri dalam mendapatkan
ilmu pengetahuan

Keunggulan pengoperasian media pembelajaran interaktif ini dapat
diakses dalam berbagai versi online maupun offline diantaranya :
a. MPI Sego Jangkrik offline
Media pembelajaran interaktif (HTML5) dapat dibuka dilaptop /
PC tanpa terhubung jaringan internet.
b. MPI Sego Jangkrik online
Media pembelajaran interaktif (HTML5) dapat diakses secara
online dengan menggunakan drv.tw
c. MPI Sego jangkrik versi Android

Media pembelajaran interaktif yang telah kita buat

menggunakan aplikasi Articulate Storyline (HTML5) dapat kita

konversi menjadi file APK agar dapat kita instal dan jalankan

pada HP Android. Salah satu aplikasi konversi dapat

menggunakan aplikasi Web2APK Builder untuk

mengkonversinya.

Nama : Taufik Lismana Hendra, S.Pd
Alamat : Gondangmanis Kulon RT 6 RW 2 Kecamatan Bae Kab. Kudus
No. Telepon : 08886412930