YOCA (Yoghurt Carica) adalah perpaduan antara yoghurt yang terbuat dari susu sapi segar dan buah carica yang telah diolah menjadi makanan sehat dan mampu melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari. Carica adalah buah lokal khas daerah Wonosobo sekaligus menjadi potensi kuliner dan budaya untuk mengembangkan perekonomian daerah. Dengan memanfaatkan peluang bisnis ini maka dapat diciptakan sebuah produk untuk kuliner baru di Wonosobo. Hal ini menciptakan peluang bisnis secara mandiri yang dapat dirasakan masyarakat. Produk telah teruji di laboratorium dan teranalisis kelayakan usaha. Metode yang digunakan mulai dari persiapan produksi, proses pembuatan, promosi, hingga pemasaran yang bekerja sama dengan beberapa mitra bisnis.
Kekuatan produk terdapat pada kelimpahan bahan baku, memiliki harga terjangkau, belum ada produk tersebut sebelumnya. Pemilihan produk ini didasarkan atas kebutuhan makanan sehat dengan kombinasi bahan baku lokal yang tersedia melimpah. Kelemahannya adalah harga bahan baku yang tidak menentu, masa simpan yang belum bisa tahan lama. Adapun pelung bisnisnya sangat baik dan mampu bersaing dengan produk lain yang sejenis. Produk ini akan berkembang secara bertahap dengan menggunaan strategi yang baik dengan menangkap peluang dan memanfaatkan kompetitor. Ancaman yang mungkin dapat muncul adanya pesaing karena produk mudah ditiru. Rencana tindakan yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan kekuatan untuk mengatasi kelemahan dengan kesempatan yang ada sehingga dapat menghindari ancaman kedepannya. Dalam mewujudkan rencana tersebut diperlukan kualitas, nilai nutrisi, dan kekhasan produk yang tejaga. Pemasaran produk secara online dapat menjangkau konsumen lebih luas.
Makna logo YOCA adalah penggunaan huruf “O” pada logo YOCA merupakan gambar dari buah carica sehingga pembeli menegtahui bentuk buah carica dan untuk menambah nilai estetika. Background kuning terdapat motif kulit sapi yang bermakna bahwa yoghurt terbuat dari susu sapi serta animasi buah carica. Logo telah mengalami transformasi pada huruf “a” sehingga tampak lebih jelas. Kemasan produk telah bertransformasi dari kemasan thinwall menjadi kemasna yang lebih hiegenis. Topping produk bertransformasi dari crumbs menjadi manisan buah carica.
Pandemi berlangsung selama kurang lebih 2 tahun, berpengaruh pada kegiatan ekonomi masyarakat. Penyebaran covid-19 yang sangat cepat disebabkan karena kurangnya sistem imunitas dalam tubuh dan penyakit yang telah diderita oleh seseorang. Hal ini berkaitan dengan kebiasan konsumsi makanan cepat saji yang kurang hygienis, sehingga berisiko terhadap penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan kanker. Untuk menyeimbangkan pemenuhan permintaan masyarakat terhadap makanan sehat dengan kualitas terjamin, diperlukan usaha kreatif dan inovatif yang berdaya saing tinggi. YOCA hadir sebagai inovasi baru dalam pengolahan yoghurt yang memiliki cita rasa buah carica lezat, segar, unik, alami, dan khas Dataran Tinggi Dieng. Yoghurt Carica mampu menjawab perminatan pasar untuk pemenuhan gizi yang diperlukan dalam tubuh.
Buah dengan nama latin Vasconcella cundinamarcensis tumbuh di ketinggian 1.500-3.000 mdpl. Pepaya gunung khas Dieng dengan ketinggian 2.098 mdpl hanya tumbuh di kawasan Dieng yang terjangkau dari Kota Wonosobo. Namun sayangnya buah ini belum dimanfaatkan secara optimal untuk berbagai variasi makanan. YOCA merupakan kreasi baru sebagai bentuk pemanfaatan sumber daya alam dengan kearifan lokal, sehingga masyarakat lain bisa merasakan cita rasa dan aroma yang khas dari buah carica, dalam bentuk olahan makanan sehat dan bernutrisi. Selain itu banyaknya objek wisata yang ada di Wonosobo dapat dimanfaatkan dengan menjadikan YOCA sebagai oleh-oleh khas Wonosobo siap saji sekaligus menambah kuliner yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas.
YOCA adalah yoghurt pertama dengan inovasi buah carica yanng belum pernah ada sebelumnya. YOCA bernutrisi tinggi terbukti dalam uji di laboratorium yang telah dilakukan. YOCA tidak mengandung pengawet, pewarna, dan perasa namun menggunakan perisa alami dari sari biji buah carica. Berdasarkan uji pH universal YOCA memiliki kadar keasaman 4 sesuai dengan satndar keasaman yoghurt.
Berdasarkan survey Pasar yang telah dilakukan menggunakan metode Electronic Scanning Devices penilaian produk YOCA secara keseluruhan adalah 8-10 dari 10. Survey tersebut membuktikan bahwa YOCA tidak hanya dapat diterapkakan dalam masyarakat, namun memiliki peluang yang cukup besar ditandai dengan adanya permintaan pasar yang terus meningkat.
YOCA telah memiliki ijin usaha dengan Nomor Induk Berusaha 260122003348. Selain itu merk dagang YOCA telah terdaftar di PDKI dengan nomor DID2021083150. Saat ini produk YOCA sedang dalam proses sertifikasi halal oleh MUI
Adapun tagline YOCA adalah “PADUAN SEHAT SIAP SANTAP”. Artinya adalah berpadunya makanan khas atau daerah yaitu carica dengan makanan internasional, yaitu yoghurt yang kaya akan nutrisi sehingga aman dan menyehatkan bagi tubuh, serta siap untuk dikonsumsi dengan kualitas terjamin.
Nama | : | Najaah Azmi Fajri dan Arinda Elza Wulandiny |
Alamat | : | Limbangan RT 18/RW 06 Watumalang, Wonosobo |
No. Telepon | : | 085640220819 |