Kerajinan tangan disetiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Seperti di Desa Pucuk Desa Sepat Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen memiliki kerajinan tangan khas seperti tas dan dompet anyaman. Salah satu kerajinan yang menarik adalah tas anyaman Azalea merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari bahan Jali jali, Lurik, Embos, Lurik ngawi, Lurik Magelang, Embos biasa, Embos ngawi, serta tas yang krenova seperti ada tuliasan pada tas tersebut dan berwarna yang memiliki desain artistik. Azalea tas anyaman krenova tersebut merupakan sesuatu yang unik karena tas anyaman tersebut juga kreatif, banyak inovasi yang terbaru, nama dan produk sama-sama krenova. Inovasi tas tersebut juga bisa di gunakan dalam segala hal, seperti ke pasar, sekolah, kuliah, perkantoran, dll. Tujuannya adalah untuk Memberikan pandangan baru terhadap kerajinan tangan tas anyaman kepada keluarga muda khususnya Desa Sepat dan sekitarnya. Kemudian untuk Merancang sebuah brand baru tentang Azalea tas anyaman krenova untuk memperkenalkan dan meningkatkan minat masyarakat akan keranjinan tangan dalam negeri. Pendekatan komunikasi secara langsung yang digunakan adalah dengan melakukan branding kerajinan tangan Azalea tas anyaman krenova untuk meningkatkan kembali kerajinan tangan dalam negeri. Media utama perancangan ini adalah hal kreatif berupa tulisan untuk memberikan identitas utama Azalea tas anyaman krenova. Kemudian perancangan ini akan didukung dengan media lainnya seperti media sosial, iklan, poster, brosur, name board, dan packaging. Dengan perancangan branding ini diharapkan masyarakat Indonesia lebih mengenal kerajinan tangan dalam negeri dan mencintai produk dalam negeri.
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah salah satu penopang perekonomian Indonesia. Hal ini terbukti ketika Indonesia mampu menghadapi krisis ekonomi tahun 1997/1998. maka dari itu umkm sangat di butuh oleh warga agar warga bisa meningkatkan kemampuan keahlian dan kreatifitas. Umkm besar atau kecil/besar yang diharapkan mampu bertahan ketika itu, ternyata banyak yang gagal. UMKM-lah sebagai sektor ekonomi masyarakat kecil dengan skala lokal, sumber daya lokal dan proses produksi sederhana yang produknya dijual secara lokal telah mampu membuat UMKM mampu tetap bergerak di tengah terpaan krisis. Kondisi ini mengindikasikan bahwa UMKM memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap krisis, yang dimungkinkan karena UMKM memiliki ciri antara lain struktur organisasi dan tenaga kerja UMKM yang lebih fleksibel dalam menyesuaikan dengan perubahan pasar. Adanya umkm sangat berpengaruh bagi warga, maka dari itu azalea tas anyaman krenova di dirikan guna untuk meningkatkan keahlian dan bisa menciptakkan produk, serta untuk menggerakkan warga lain yang mempunyai keahlian dan menggerakkan perekonomian. Setelah sekian lama dan membutuhkan waktu proses yang sangat panjang, yang awal produk pertama yaitu tas pasar, tas pasar hanya di gunakan untuk ibu-ibu saja sedangkan para muda-mudi dan lainnya tidak bisa memakainya dengan kecocokannya. Lalu pengembangannya dengan kreatifitas dan inovasi baru bisa menghasilkan produk yang bisa di gunakan oleh semua kalangan. Produk yang banyak jenis dan motif serta penuh warna. Produk yang paling menonjol tas anyaman yang ada variasi tulisan yang ada di tas anyaman tersebut.
Awal umkm saat itu azalea tas anyaman krenova bisa menciptakkan produk. Setelah sekian lama dan membutuhkan waktu proses yang sangat panjang, yang awal produk pertama yaitu tas pasar, tas pasar hanya di gunakan untuk ibu-ibu saja sedangkan para muda-mudi dan lainnya tidak bisa memakainya dengan kecocokannya. Lalu pengembangannya dengan kreatifitas dan inovasi baru bisa menghasilkan produk yang bisa di gunakan oleh semua kalangan. Produk yang banyak jenis dan motif serta penuh warna. Produk yang paling menonjol tas anyaman yang ada variasi tulisan yang ada di tas anyaman tersebut. Sedangkan keunggulannya :
Nama | : | Nur Handayani |
Alamat | : | Pucuk Rt16/Rw04 Sepat Masaran Sragen |
No. Telepon | : | 085225930535 |