ABSTRAK
Perkembangan produk makanan, minuman, dan kesehatan di Indonesia sangat baik. Hal ini terbukti dari banyaknya produk UMKM yang berkembang di pasar, dimana banyaknya makanan dan minuman yang berkembang menimbulkan polemik karena dimasa pandemik COVID-19 ini banyak UMKM yang mengalami kesulitan dalam pengembangan usahanya. Ketidakseimbangan gizix khususnya konsumsi sayuran pada anak kecil hingga dewasa kurang terpenuhi sehingga memunculkan peluang-peluang penyakit yang timbul akibat kurangnya asupan nutrisi dan serat dari sayuran. Hal ini terbukti dengan jumlah 97,1% penduduk indonesia yang kurang konsumsi sayur mulai tahun 2014.
Azzura Food Victory melihat peluang tersebut untuk terus mencoba inovasi terkait pemenuhan kebutuhan nutrisi sayur untuk masyarakat di Indonesia lewat produk olahan makanan dan minuman yang menyehatkan. Pengembangan produk olahan minuman jelly dari bahan sayur okra dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Okra sendiri kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin, mineral, asam folat, asam amino, dan antioksidan, maka bahan sayur tersebut dikombinasikan dengan spirulina serta ekstrak picocyanin (pigmen biru). Segmentasi konsumen dibidik antara lain kalangan anak-anak hingga dewasa berusia 7 - 30 tahun. Pertimbangan pemilihan segmen ini untuk memenuhi asupan gizi sayur dengan berbagai manfaat kesehatannya.
Dalam perencanaan kami sayuran superfood seerti okra kurang familiar dan banyak kurang cocok perihal rasa apabila dikonsumsi langsung, maka untuk memudahkan dan menciptakan interpretasi berbeda dalam menikmati sayuran maka dikembangkan dalam bentuk minuman jelly siap konsumsi. Adapun beberapa varian rasa dari K--okura yaitu cocopandan, jeruk, dan leci. Sedangkan untuk kualitas produk organik dengan penambahkan spirulina sebagai pewarna alami, serta pengkaya protein dan antioksidan serta Pycocyanin untuk pewarna alami biru dengan tambahan manfaat anti kanker didalamnya.
Peningkatan kualitas dan kuantitas produksi “K-okura” sangat diperlukan untuk membentuk sebuah industrialisasi minuman jelly sehat serta pengembangannya dengan penggunaan teknologi berupa alat yang dapat melakukan pengerjaan produksi secara lebih efisien dan juga pengembangan produk baru. Sehingga diharapkan mampu terciptanya suatu sistem berupa zero wasting product dimulai dari bahan baku dari petani (hulu) menuju produk (hilir) dan juga hasil residunya.
Kata Kunci : K-okura, minuman jelly, Okra, Spirulina, Picocyanin, Organik
LATAR BELAKANG
Konsumsi sayur dan buah di Indonesia cukup tergolong rendah masing-masing hanya sebesar 40,35 kg/ kapita/ tahun dan 34,55 kg/kapita/tahun. Padahal rekomendasi badan kesehatan PBB (WHO) untuk kebutuhan sayur dan buah tiap individu dunia mencapai masing-masing 91,25 kg/ kapita/tahun dan 73 kg/kapita/tahun. Data tersebut cukup mengkhawatirkan melihat kebutuhan angka gizi per hari yang harus tercukupi oleh asupan dari sayur dan buah.
Melihat data buletin ketahanan pangan tahun 2017 jumlah tren konsumsi sayur di masyarakat mengalami pertumbuhan yang lambat yaitu berdasarkan survei yang telah dilakukan mencatat 97,3% penduduk di Indonesia atau sekitar 252.juta jiwa yang konsumsi sayur dengan tingkat konsumsi dibawah angka yang direkomendasikan. Resiko terbesar kurangnya konsumsi sayur berakibat resiko defisiensi gizi mikro, risiko penyakit berbahaya hingga kematian.
Kesadaran serta edukasi yang luas kepada masyarakat mengenai pentingnya konsumsi sayur dan buah secara teratur dari anak-anak hingga lansia untuk mencegah penyakit-penyakit berbahaya yang muncul akibat kurangnya konsumsi sayur. Melihat potensi pasar diatas Azzura Food Victory memunculkan sebuah gagasan inovatif untuk memudahkan masyarakat dalam konsumsi sayur dan diolah menjadi bentuk minuman jelly yang sangat digemari dari anak-anak hingga dewasa dari bahan sayuran okra yang diberi nama brand “K-okura” serta dikombinasikan dengan spirulina dan pycocyanin yang memiliki banyak manfaat kesehatan diantaranya antioksidan tinggi, sumber protein, dan berbagai kandungan lainnya. Melalui startup “Azzura Food Victory”, kami berusaha menciptakan produk olahan makanan dan minuman dari sayur okra khususnya minuman jelly dengan ekosistem bisnis yang berintegritas, inovatif, sinergis, berkelanjutan dan mengangkat kearifan lokal dengan memusatkan kolaborasi sistem hulu / petani dan hilir/ olahan pangan.
K-okura memiliki beberapa value diantaranya adalah menggunakan bahan baku okra berkualitas dipetik langsung dari para petani lokal yang memiliki banyak manfaat kesehatan, kombinasi dengan spirulina dan pycocyanin dengan tingkat nutrisi tinggi, menggunakan kemasan ramah lingkungan, dan produk kami menggunakan bahan-bahan organik dalam pengolahannya. Inovasi ini diharapkan memberikan dampak besar untuk masyarakat dengan pemenuhan angka kebutuhan gizi terutama pada hal sayur dan pencegahan stunting. Adapun langkah-langkah yang kami lakukan untuk memunculkan tren hidup sehat dikalangan masyarakat dengan aktif memberikan edukasi melalui media sosial tentang pentingnya pola makan sehat dan juga manfaat sayur organik dipadukan cita rasa yang dapat diterima masyarakat.
Dengan adanya brand produksi “Azzura Food Victory” yang fokus menghadirkan aneka olahan makanan dan minuman sehat yang mengajak semua orang untuk peduli akan kesehatan lewat gemar minum sayur. Sebuah industri pangan yang mengedepankan inovasi, teknologi, dan ramah lingkungan. Adapun beberapa hal kami menganalisa keunggulan produk K-okura antara lain :
1. Produk diproduksi organik
Produk ini menghadirkan cara berbeda dalam menikmati sayur yang diolah menjadi olahan minuman jelly sehat yang digemari anak-anak hingga dewasa. Dengan menggunakan bahan baku pilihan dan organik sebagai pigmen alami yaitu spirulina dan phycocyanin yang kaya akan antioksidan membuat produk ini aman untuk dikonsumsi dan tentunya menyehatkan. Selain itu adanya buah aren / kolang kaling untuk melengkapi nutrisi ang dibutuhkan tubuh.
2. Kemasan produk menarik, unik, inovatif, serta ramah lingkungan
Desain kemasan produk “K-okura” memberikan daya tarik sendiri. Pemilihan dan kesesuaian warna juga menjadi daya tarik pendukung sebagai pertimbangan konsumen dalam melihat produk serta memberikan pengalaman pertama cara minum jelly yang berbeda.
3. Produk praktis dan dapat disimpan lama
Produk ini dikemas dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan rapat sehingga itu menjadi pertimbangan kami untuk memudahkan pengiriman dan konsumen tidak sulit membawa produk ini. Terlebih lagi dengan pengemasan sesuai standar kelayakan maka membuat produk “K-okura” dapat disimpan lama berkisar 1 bulan.
4. Pilihan varian rasa
Adanya berbagai pilihan rasa yang dapat dipilih konsumen dapat mencegah dari rasa kebosanan karena keinginan untuk mencoba varian rasa lain yang tidak kalah lezat dan menyehatkan. Kami menyediakan 5 varian rasa yaitu Okra (Cocopandan, Jeruk, Leci, Spirulina, Phycocyanin).
5. Harga terjangkau dan Mudah dalam Pemesanan Produk
Strategi penentuan harga yang kami tawarkan cukup terjangkau dan kompetitif melihat manfaat besar yang terkendung didalamnya yaitu berkisar antara 8 - 12 ribu/produk. Dalam hal memasarkan produk kami memilih menggunakan media online karena pertimbangan biaya investasi yang rendah, mudah digunakan, cakupan jaringan meluas, dan dapat dengan cepat menentukan calon mitra atau pembeli potensial. Hingga saat ini telah mengirimkan ke berbagai kota dipulau jawa.
Nama | : | Fatoni Nugroho |
Alamat | : | Jl Potrosari Tengah No.24 RT 04/RW 07 Srondol Kulon, Banyumanik, Semarang |
No. Telepon | : | 085640012315 |