“Kaos Genius” Media Pembelajaran IPA Berbasis Kaos Bergambar dan Mnemonik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pendidikan inovatif berupa kaos sablon bergambar yang dikombinasikan dengan pendekatan mnemonik untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini membahas tantangan yang dihadapi siswa dalam menghafal dan memahami konsep IPA yang perlu dikonkretkan seperti proses kimia, fisika, dan biologi melalui integrasi teknik mnemonik yang memanfaatkan gambar dan akronim. Penggunaan kaos dipilih karena mudah diakses, berfungsi sebagai media menarik secara kontekstual yang bisa digunakan dalam belajar tanpa terbatas waktu. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan (R&D) melalui model 4D yang melibatkan tahap define, design, develop, dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 7C SMP N 2 Kandeman. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil validasi kaos bergambar dengan pendekatan mnemonik masuk dalam kriteria sangat layak. Artinya kaos dapat digunakan dalam mendukung pembelajaran IPA di kelas. Adapun elemen gambar dan mnemonik pada kaos tersebut secara signifikan meningkatkan daya ingat siswa dan pemahaman konsep, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. Lebih jauh lagi, manfaat teoritis dan praktis dari penelitian ini yaitu menyediakan alternatif pengajaran yang kreatif bagi guru dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari persentase ketuntasan siswa dalam post tes sebesar 87,5%. Inovasi pendidikan ini menunjukkan harapan untuk daya dukung pendidikan yang lebih luas dan hasil pembelajaran yang lebih baik dengan memberikan dampak pembelajaran yang positif bagi siswa.

Pendidikan merupakan kunci utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang lebih unggul. Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk memperbaiki kualitas pendidikan adalah dengan mengembangkan media dan metode pembelajaran yang lebih inovatif. Media pembelajaran adalah sarana yang dapat digunakan oleh guru sebagai upaya yang memudahkan belajar siswa ( Analicia & Yogica, 2021). Pada pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdapat pelajaran IPA. Salah satu kesulitan yang dihadapi dalam pelajaran IPA adalah konsep-konsep yang abstrak dan sulit untuk diingat, seperti proses-proses kimia, fisika, dan biologi yang memerlukan pemahaman yang mendalam dan daya ingat yang kuat.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPA, berbagai pendekatan dan media pembelajaran telah banyak diterapkan. Salah satu pendekatan yang menarik adalah penggunaan desain mnemonik dalam materi pembelajaran. Mnemonik adalah teknik yang digunakan untuk membantu mengingat informasi melalui asosiasi visual, verbal, atau kontekstual. Penggunaan desain mnemonik dalam materi pelajaran bisa berupa gambar, simbol, atau pola yang dikaitkan dengan konsep yang diajarkan. Menurut Oktaviana et al. (2022) penggunaan media pembelajaran berbasis mnemonik dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan menggunakan simbol atau gambar yang terkait dengan materi IPA, siswa dapat lebih mudah memahami dan mengingat konsep-konsep yang diajarkan.

Salah satu media yang dapat dipadukan dengan pendekatan mnemonik adalah media kaos bergambar. Media kaos memiliki keunggulan karena mudah diakses dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat mengintegrasikan desain gambar yang mengandung informasi edukatif. Kaos dengan desain gambar yang berhubungan dengan siklus materi biologi dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan kontekstual.  Penggunaan teknologi dan media yang inovatif, seperti kaos berdesain grafis, sebagai alat bantu untuk menyampaikan konsep-konsep sulit dalam pembelajaran. Desain grafis yang memuat elemen-elemen mnemonik membantu siswa mengingat informasi penting dalam konteks yang lebih santai dan tidak terkesan formal (Ruslan, 2023). Penggunaan gambar pada media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena gambar mempermudah siswa dalam memahami konsep yang abstrak (Setyorini & Wulandari 2021). Hal ini sejalan dengan hasil penelitian oleh Khasanah et al., (2022), yang menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis gambar pada pakaian seperti kaos dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif belajar, karena mereka dapat melihat ilustrasi materi yang sedang dipelajari di luar jam pelajaran.

Selain itu, penelitian oleh Mulyani (2018) menjelaskan bahwa integrasi desain gambar yang menggambarkan siklus materi biologi pada media kaos dapat membantu siswa mengingat dan memahami konsep-konsep biologi dengan lebih baik. Desain yang menggambarkan siklus hidup, proses fotosintesis, atau sistem organ tubuh manusia, misalnya, akan membantu siswa memahami dinamika proses-proses tersebut dalam kehidupan nyata. Kaos sebagai media pembelajaran juga memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan materi biologi secara lebih pribadi, karena mereka dapat mengenakan kaos tersebut sehari-hari, menjadikannya bagian dari aktivitas harian yang berhubungan dengan pembelajaran.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut, inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan desain mnemonik pada kaos yang digunakan oleh siswa selama kegiatan belajar. Media ini diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPA, tetapi juga memperkuat daya ingat mereka melalui konsep mnemonik dan paparan visual yang berulang dalam kehidupan seharihari. Selain itu, dengan memanfaatkan media yang dapat dikenakan secara langsung, siswa diharapkan dapat merasa lebih tertarik dan termotivasi untuk mempelajari materi biologi secara mandiri. Dengan demikian, inovasi ini diharapkan dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi dan kognisi siswa secara keseluruhan.Penelitian ini memiliki maksud dan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa kaos bergambar dengan pendekatan mnemonik yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat SMP. Kaos bergambar yang digunakan dalam penelitian ini dirancang untuk memperkuat daya ingat dan pemahaman siswa terkait materi IPA yang diajarkan, sehingga diharapkan dapat mempermudah proses belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Keunggulan dan Perbedaan pada Penemuan Sebelumnya

Keunggulan media kaos bergambar dan berpendekatan mnemonik yaitu sebagai berikut:

  1. Media lebih kontekstual karena mampu mengkonkretkan materi yang masih abstrak.
  2. Penggunaan mnemonik dalam kaos bergambar bisa memperkuat daya ingat siswa terhadap informasi penting dalam materi IPA.
  3. Kaos bergambar bisa menjadi sarana pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa karena melibatkan elemen visual yang menyenangkan.
  4. Dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari, di luar jam pelajaran.
  5. Media kaos juga tidak jarang menghadirkan desain dengan isu-isu terkini terkait materi IPA.

Nama : Ricky Janu Riyadi, S.Pd
Alamat : Desa Wonokerso RT 6 RW 2, Kecamatan Kandeman, Batang
No. Telepon : 085291582908