KAKAROBOT IoTA, Robot Pembelajaran Untuk Mengurangi Kecanduan Gadget

Dengan adanya kemajuan teknologi dimana smartphone sekarang dijual dengan harga

yang murah sehingga semua lapisan umur pasti memilikinya. Namun dengan kemudahan ini

malah berdampak kepada anak – anak dimana mengalami kecanduan dengan penggunaan

gadget yang tidak dapat dikontrol lagi oleh orang tua Salah satu cara mengurangi kecanduan

gadget adalah dengan mengalihkan rasa ingin tahu mereka kepada hal lain yang lebih menarik

namun berdampak positif untuk mereka. Oleh karena itu saya menciptakan robot pembelajaran

yang bernama KAKAROBOT IoTA. KAKAROBOT IoTA adalah robot yang ditanamkan

logika pemrograman langsung pada GUI (General User Interface) robot tersebut tanpa

memerlukan gadget dan atau laptop. KAKAROBOT IoTA ini juga memiliki prosesor yang

mendukung penerapan IoT (Internet of Things) yang berguna untuk mendukung Industri 4.0.

KAKAROBOT IoTA juga menerapkan sistem pembelajaran STEM dan Computational

Thinking. Dampak sosial dari produk ini adalah KAKAROBOT IoTA mampu meningkatkan

pengetahuan, perilaku, dan juga ide kreatif pengguna secara positif. Karena pembelajaran

dengan KAKAROBOT IoTA menggunakan pendekatan pembelajaran STEAM dimana

merupakan pendekatan pembelajaran yang mendorong untuk berpikir lebih luas tentang

masalah di dunia nyata dan membantu semua orang baik pelajar maupun umum agar dapat

mempelajari logika pemrograman robot sederhana dengan mudah dipahami. KAKAROBOT

IoTA diharapkan mampu mengurangi kecanduan pada gadget.

Fokus masalah yang menjadikan KAKAROBOT menciptakan KAKAROBOT IoTA

adalah tidak semua lapisan masyarakat dapat mempelajari tentang robotika. Adanya

pemikiran-pemikiran bahwa untuk mempelajari robotika memerlukan dana yang besar,

sehingga masyarakat menengah tidak mampu untuk menjangkaunya. Selain itu stigma di

masyarakat dimana robotika merupakan bidang yang sulit untuk dipahami oleh orang awam

dan sedikitnya orang-orang yang memiliki ilmu robotika yang mempunyai keinginan untuk

membantu mengajar robotika.

KAKAROBOT berusaha untuk mematahkan pemikiran dan stigma tersebut. Dengan

menciptakan KAKAROBOT IoTA dimana memiliki harga yang terjangkau tetapi memiliki

kemampuan yang baik dalam menerapkan logika pembelajaran tentang robotika untuk

masyarakat tanpa adanya batasan umur. Karena KAKAROBOT memiliki visi yaitu Think Big

from Small Things with Technology. Dimana misi KAKAROBOT adalah semua orang

memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajari robotika.

Iklim kompetisi di Indonesia sangatlah besar termasuk kompetisi dibidang robotika.

Sehingga pada 2017, Daniyah dan La Ode Muhamad Idris membuat sebuah produk yang dapat

diikut sertakan pada kompetisi robotika di Indonesia khususnya Robot Line Follower. Produk

pertamanya adalah Robot YPF Alpha, yang mana robot versi pertama ini digunakan sebagai

bahan ajar pada beberapa ekstrakulikuler sekolah di Kota Semarang. Robot ini masih termasuk

robot sederhana dimana pemrogramannya masih menggunakan laptop dan hanya diikut

sertakan pada beberapa perlombaan robot.

Kemudian pada 2018 awal Daniyah dan La Ode Muhamad Idris memiliki inisiatif untuk

membuat sebuah robot yang tidak hanya dapat digunakan untuk mengikuti kompetisi namun

juga fokus kepada edukasi. Pada tahun ini, Robot YPF Alpha dikembangkan melalui riset-riset

kebutuhan pasar dan pembelajaran sehingga menjadi produk Robot YPF Beta. Dimana

keunggulan pada Robot YPF Beta ini adalah pengguna dapat menanam logika pemrograman

robot langsung pada robot tersebut dengan menggunakan GUI yang ada pada robot tanpa

memerlukan gadget dan atau laptop. Sehingga disini pengguna yang tidak memiliki laptop tetap

dapat mempelajari robotika dengan menggunakan Robot YPF Beta.2

Pada tahun 2019 Daniyah dan La Ode Muhamad Idris membentuk KAKAROBOT

dimana selain itu mereka juga merilis Robot YPF Gamma Pro dimana robot ini memiliki GUI

yang sama dengan Robot YPF Beta namun terdapat perbedaan pada prosesornya berdasarkan

permintaan dari beberapa pengguna.

Kemudian pada akhir 2019 KAKAROBOT mengeluarkan produk yang baru yaitu

KAKAROBOT IoTA . Robot ini memiliki GUI yang sama seperti versi sebelumnya namun

terdapat pengembangan pada bagian hardware yaitu pada prosesornya. Yang mana versi ini

menggunakan prosesor yang dapat mengenalkan selain pemahaman robotika juga pemahaman

tentang IoT (Internet of Things). Dimana pemahaman tentang IoT ini sangat masif digadangkan

untuk mendukung Industri 4.0.

Keunikan dari KAKAROBOT IoTA ini adalah robot dapat ditanamkan logika

pemrograman langsung pada GUI (General User Interface) robot tersebut tanpa memerlukan

gadget dan atau laptop. KAKAROBOT IoTA ini juga memiliki prosesor yang mendukung

penerapan IoT (Internet of Things) yang berguna untuk mendukung Industri 4.0. Kepemilikan

teknologi dari KAKAROBOT IoTA ini adalah kepemilikan sendiri. Untuk status kesiapan dari

produk ini adalah KAKAROBOT IoTA ini sudah siap diproduksi dan dikomersilkan

Nama : Danya Deluca
Alamat : Jl Sanggung Timur 1 No 242 Ksatrian Jatingaleh Kota Semarang
No. Telepon : 089523829720