UMKMMARKET.COM - Marketplace Plus Pendampingan Digital Marketing UMKM Berbasis Komunitas bersama Pentahelix untuk Menguatkan Fondasi UMKM dalam Ekosistem Digital.

Saat ini, masih banyak UMKM yang masih belum memanfaatkan Digital Marketing secara komprehensif.  Hal ini disebabkan masih kurangnya SDM digital yang handal. Kesulitan pengelolaan digital marketing adalah faktor utama belum optimalnya digitalisasi usaha mereka. Pendampingan digital marketing oleh staf berberkompetensi sangat dibutuhkan untuk keberhasilan UMKM. Oleh karena itu, UMKMMARKET.com memberikan jasa pendampingan dalam pengelolaan platform. Disamping kebutuhan biaya pengelolaan digital marketing, persaingan di marketplace mainstream dengan usaha yang skalanya lebih besar, memaksa UMKM untuk menggunakan personal selling dengan segmen personal dan lokal yang cenderung offline. Dengan pendekatan kolaborasi Pentahelix melibatkan seluruh unsur masyarakat, maka dengan terdukung kebijakan lokal UMKMMARKET.com dapat hadir untuk membantu mendigitalkan UMKM dengan lebih fokus ke niche market yang tidak hanya bisa di personalisasi secara lokal namun juga tetap membuka peluang global di relung pasarnya, tanpa harus head to head dengan kompetitor di marketplace mainstream yang sudah padat pesaing.

1. Dibutuhkannya Akselerasi Digitalisasi UMKM

“Pemerintah bersama stakeholders terkait terus mendorong penguatan fondasi ekonomi nasional dengan menetapkan agenda transformasi digital UMKM sebagai salah satu prioritas. Beberapa program yang dijalankan antara lain adalah Akselerasi Pengembangan Wirausaha, Transformasi digital Koperasi dan UMKM, serta Penguatan Ekosistem Digital,” jelas Menko Airlangga.[1]

2. Kurangnya SDM Digital yang Handal

 “Kita masih membutuhkan banyak SDM digital yang handal, termasuk untuk mendukung pengembangan UMKM di tanah air. Untuk itu, Pemerintah akan terus mendorong pengembangan wirausaha nasional, sehingga dapat tercipta lebih banyak wirausaha muda yang maju dan produktif untuk bersaing di pasar global,” pungkas Menko Airlangga.[2]

3. Dibutuhkannya Pendampingan untuk Pengelolaan digitalisasi UMKM

Dengan masih kurangnya literasi digitalisasi UMKM, maka dibutuhkan pendampingan kepada UMKM dalam membuat digital marketing melalui online marketplace dan sosial media. Termasuk didalamnya membuat akun bisnis pada Whatsapp, pendaftaran akun bisnis di google map, pembuatan instagram dan facebook yang terintegrasi dengan Landing Page.

4. Dibutuhkannya Penerapan Lokal SEO dan Landing Page

Berdasarkan kumpulan statistik yang dirangkum Hubspot, 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal dan sebanyak 79% pengguna mobile yang melakukan pencarian lokal berujung pada pembelian secara offline.[3] Menurut HubSpot, landing page dapat meningkatkan konversi hingga 10% di berbagai kategori bisnis, termasuk UMKM. Ini berarti landing page memiliki potensi besar untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dan mengembangkan bisnis Anda. Bagi UMKM yang ingin meningkatkan konversi dan mengembangkan bisnis, landing page adalah solusi efektif. Landing page berbeda dari website umum karena didesain khusus untuk meyakinkan dan mengarahkan pengunjung menuju tujuan spesifik, seperti pembelian produk, berlangganan newsletter, mengunduh e-book, dan sebagainya.[4]

5. Persaingan  UMKM di Marketplace Mainstream

 

 
   


Menurut survei APJII, UMKM yang memiliki akun marketplace adalah sebesar 73,42%.[5]

 

 

 

Dengan persaingan yang sangat tinggi di marketplace mainstream seperti diatas, UMKM dapat menggunakan strategi alternatif  pemasaran relung, sehingga UMKM tidak harus berhadapan secara head to head dengan kompetitor yang banyak jumlahnya. UMKMMARKET.com memberikan alternatif solusi untuk mendigitalisasikan UMKM di niche market.

 


[1] https://www.kominfo.go.id/content/detail/40915/transformasi-digital-umkm-jadi-prioritas-penguatan-fondasi-ekonomi/0/berita

[2] https://www.kominfo.go.id/content/detail/40915/transformasi-digital-umkm-jadi-prioritas-penguatan-fondasi-ekonomi/0/berita

[3] https://revou.co/panduan-teknis/konten-local-seo-optimalkan-konten-secara-lokal

[4] https://techarea.co.id/manfaat-landing-page/

[5] https://apjii.or.id/download_survei/2feb5ef7-3f51-487d-86dc-6b7abec2b171

1. Aspek Pengembangan IPTEK:

UMKMMARKET.com memberikan alternatif solusi untuk mendigitalisasikan UMKM di niche market melalui penyediaan jasa yang di butuhkan masyarakat yaitu pendampingan digital marketing  oleh staf yang memiliki berkompetensi dan tersertifikasi di unit kompetensi Digital Marketing dengan biaya yang terjangkau.

2. Aspek Sosial

UMKMMARKET.com menyediakan konsultasi online dan layanan kolaborasi antar member di UMKMMARKET.com sehingga jaringan bisnis UMKM akan lebih berkembang.

 

3. Aspek Ekonomi

  1. Bagi Inventor mendapatkan penghasilan dari membership yang di bayarkan oleh UMKM yang menjadi member UMKMMARKET.com
  2. Bagi member mendapatkan layanan pendampingan Digital Marketing secara praktikal di platform UMKMMARKET.com dengan biaya yang sangat terjangkau.
  3. Dengan meningkatnya literasi dan pelaksanaan digitalisasi usaha, maka akan berdampak positif bagi perekonomian daerah.

Nama : Kristali Vega Hornblenda
Alamat : Jalan Kahendran nomor 17, Magersari Magelang Selatan, Kota Magelang
No. Telepon : 0811249090