Aplikasi pelajaran Bahasa Inggris STIELA (Student's Interesting English Learning Application)

PENGGUNAAN APLIKASI ‘STIELA’ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Pembelajaran yang hanya berbasis teks dapat menjadi monoton dan kurang menarik bagi siswa. Dewasa ini pembelajaran berbasis digital telah menjadi tren global. Tim inventor membuat aplikasi pembelajaran yang diberi nama STIELA (Students’ Interesting English Learning Application). STIELA berisi konten materi yang disesuaikan dengan kurikulum nasional dan disajikan dalam bentuk multimedia yang menarik dan interaktif seperti materi berwarna, latihan soal bergambar, video, kuis, games. Aplikasi STIELA dibuat untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik untuk siswa. STIELA dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan belajara karena siswa dapat mengakses aplikasi dimanapun dan kapanpun. STIELA juga berdampak terhadap lingkungan misal mengurangi penggunaan kertas, mengurangi biaya operasional, biaya cetak buku, biaya fotokopi, dan biaya lainnya. Kendala yang dialami selama proses pembuatan yaitu dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk membuat konten dan membutuhkan keterampilan tinggi dalam teknologi. Pembuatan STIELA bersifat non komersil sehingga masih menggunakan versi free / non berbayar yang berpengaruh terhadap kapasitas dan fitur konten. Kendala yang dihadapi pada proses penerapan yaitu beberapa siswa ada yang tidak memiliki handphone, beberapa handphone tidak mendukung aplikasi atau memori penuh, penyusunan dan pembuatan materi yang masih ditemukan kesalahan. 

Kegiatan pembelajaran di kelas membutuhkan berbagai macam variasi. Pembelajaran yang hanya berbasis teks dapat menjadi monoton dan kurang menarik bagi siswa. Dewasa ini pembelajaran berbasis digital telah menjadi tren global. Banyak aplikasi, website, atau platform digital dibuat untuk menunjang pendidikan. Aplikasi pembelajaran merupakan bagian dari upaya tersebut untuk memanfaatkan teknologi guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran.

Para siswa membutuhkan pengalaman belajar yang lebih menarik agar mereka lebih bersemangat belajar untuk persiapan PSAJ. Oleh karena itu, tim inventor membuat aplikasi pelajaran yang diberi nama STIELA (Students’ Interesting English Learning Application). STIELA berisi konten materi yang disesuaikan dengan materi kurikulum nasional. Konten tersebut disajikan dalam bentuk multimedia seperti materi bergambar, video, games. Dengan pemanfaatan teknologi, terbukti siswa lebih semangat dalam belajar Bahasa Inggris dan merasa tertarik dengan konten - konten yang lain. Hal ini dibuktikan dengan hasil refleksi yang sebelum menggunakan aplikasi menunjukkan angka 55% dari jumlah 32 siswa, kemudian setelah menggunakan aplikasi hasil refleksi menunjukkan angka 80%.

Keunikan/Keunggulan Produk

  1. Konten STIELA disusun sesuai dengan kurikulum nasional yang diajarkan di sekolah sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Materi yang disajikan meliputi ungkapan (expression), tata Bahasa (grammar), teks fungsional (functional text), teks monolog (monolog text), dan kosakata (vocabulary)
  2. STIELA disusun secara sistematis. Dalam satu topik, terdapat penjelasan materi, latihan soal, dan beberapa topik terdapat games atau video yang terkait dengan topik.
  3. Materi disajikan lebih menarik dan dibuat dengan menggunakan Canva. Latihan soal juga berupa teks bergambar dan berwarna, serta latihan soal yang menggunakan Google form, atau games yang menggunakan aplikasi Wordwall.
  4. Bentuk soal disesuaikan dengan bentuk soal kekinian, yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian singkat, esai, dan menjodohkan.

Nama : Irna Putra Maksum, S.Pd.
Alamat : Desa Pecabean Rt 014 Rw 005 Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal
No. Telepon : 089516601461