Pendidikan merupakan aspek vital dalam pembangunan negara, terutama di era globalisasi yang penuh tantangan. Salah satu tantangan utama adalah meningkatkan minat dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, khususnya Sejarah, yang sering dianggap membosankan. Rendahnya minat dan partisipasi siswa dalam mata pelajaran Sejarah mengakibatkan kurangnya pemahaman terhadap pentingnya sejarah dalam membentuk rasa kebangsaan dan cinta tanah air.
Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran. Pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) merupakan solusi efektif yang membuat proses belajar lebih menyenangkan dan interaktif. Board Game Kraton Battle, permainan ludo yang dimodifikasi untuk pembelajaran Sejarah, diciptakan untuk memenuhi kebutuhan ini. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam belajar Sejarah serta memperdalam pemahaman mereka tentang sejarah kerajaan besar di Nusantara.
Metode inovasi melibatkan pengembangan dan pengujian di SMA Kristen Satya Wacana, di mana dua kelompok siswa dibandingkan: satu dengan metode pembelajaran konvensional dan satu lagi dengan menggunakan Board Game Kraton Battle. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman materi sejarah pada kelompok yang menggunakan board game ini. Inovasi ini juga fokus pada hilirisasi untuk produksi massal dengan harga terjangkau.
Hasil dan dampak dari inovasi ini sangat menjanjikan. Penggunaan Board Game Kratob Battle tidak hanya meningkatkan minat belajar siswa tetapi juga efektif dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang sejarah. Inovasi ini telah menarik minat berbagai kalangan, termasuk guru sejarah, dan memiliki potensi besar untuk diterapkan luas di lembaga pendidikan serta industri permainan edukatif. Dengan dukungan yang tepat, inovasi ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran Sejarah di Indonesia.
Masalah/Kebutuhan di Masyarakat
Pendidikan merupakan aspek vital dalam pembangunan sebuah negara, terutama dalam era globalisasi yang penuh tantangan ini. Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah meningkatkan minat dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Mata pelajaran seperti Sejarah sering kali dianggap membosankan dan monoton oleh peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA), karena cenderung berfokus pada metode hafalan materi. Hal ini mengakibatkan rendahnya minat dan partisipasi siswa dalam pelajaran, padahal pemahaman terhadap Sejarah sangat penting untuk membentuk rasa kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan generasi muda.
Solusi yang Ditawarkan
Untuk mengatasi masalah tersebut, inovasi dalam metode pembelajaran sangat diperlukan. Salah satu pendekatan yang terbukti efektif adalah pembelajaran berbasis game (game-based learning), yaitu penerapan konsep permainan dalam pembelajaran. Game-based learning dapat membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan, interaktif, dan menarik bagi peserta didik. Sebagai solusi, diciptakanlah sebuah board game berbasis permainan Ludo yang dinamakan "Boardgame Kraton Battle". Boardgame ini dirancang khusus untuk pembelajaran Sejarah, dengan tujuan membuat mata pelajaran ini lebih menarik dan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar.
Sejarah Inovasi dan Pengembangan Produk
Inovasi "Boardgame Kraton Battle" lahir melalui Program Kreativitas Mahasiswa dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2023. Inovasi ini dirancang sebagai alat bantu belajar yang interaktif dan menyenangkan, menggunakan mekanisme permainan untuk menyampaikan materi sejarah. Setelah peluncuran awal, board game ini mendapat respons positif dari para peserta didik dan pendidik, yang merasakan peningkatan minat dan pemahaman siswa terhadap pelajaran Sejarah.
Namun, untuk memperluas dampak positif dan manfaat dari inovasi ini, diperlukan pengembangan lebih lanjut. Aspek hilirisasi menjadi fokus utama, yakni mengembangkan inovasi ini agar dapat diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dengan harga yang terjangkau. Tujuan akhirnya adalah agar board game ini dapat diakses oleh lebih banyak masyarakat dan instansi pendidikan di seluruh Indonesia.
Penelitian pengembangan dengan judul “Boardgame Kraton Battle: Transformasi Pembelajaran Sejarah Melalui Game Based Learning” ini bertujuan untuk mendorong pengembangan lebih lanjut dari inovasi tersebut. Dengan dukungan dari lomba Krenova dan Penjaringan Inovasi Masyarakat Tahun 2024 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, diharapkan inovasi ini dapat terus meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran Sejarah bagi generasi muda. Dengan demikian, inovasi ini akan mendukung pembangunan pendidikan yang lebih inklusif dan berdaya saing tinggi
Board Game Kraton Battle menawarkan pendekatan pembelajaran sejarah yang inovatif dalam bentuk permainan ludo yang telah dimodifikasi. Tidak seperti metode pembelajaran konvensional yang cenderung membosankan dan berorientasi pada hafalan, Board game Kraton Battle membuat pembelajaran sejarah menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Keunggulan ini telah terbukti efektif melalui penelitian yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta didik. Dibandingkan dengan produk game based learning sejenis, Board game Kraton Battle menonjol dengan adanya buku panduan penggunaan dan peluang untuk tutor sebaya, sehingga peserta didik dapat belajar secara kolaboratif. Selain itu, penggunaan bahan baku lokal dalam produksi menjadikan produk ini lebih terjangkau dan berkelanjutan, berbeda dengan produk sejenis yang mungkin lebih mahal dan kurang interaktif. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan minat belajar sejarah, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang unik dan efektif.
Nama | : | Sahesti Sri Wulandari |
Alamat | : | Perum Argotunggal Gang Sakura No 20 RT 3 RW 14 Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga |
No. Telepon | : | 081327352484 |