Gokart adalah kendaraan kecil roda 4 yang ditujukan untuk olahraga. Gokart biasanya ditenagai oleh mesin bermotor bensin. Selain untuk tujuan olahraga, gokart juga ditujukan untuk hobi dan jasa hiburan di sirkuit gokart, mal atau tempat keramaian lainnya. Gokart Eco Daya adalah gokart berpenggerak motor listrik yang lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara dan suara. Motorlistrik yang digunakan berjumlah 4 dengan daya masing-masing 350 watt. Gokart eco daya menggunakan panel surya yang tertanam di bodi kendaraan. Panel surya ini dapat membantu melakukan pengisian ulang daya saat bodi gokart berada dibawah sinar matahari. Panel surya mini ditanamkan pada bodi gokart secara langsung sehingga bentuk rangkaian panel surya dapat disesuaikan dengan desain bodi. Metode ini membuat bodi gokart lebih menarik secara desain. Panel surya yang digunakan adalah panel surya mini berjumlah 24 buah. Baterai gokart eco daya berkapasitas 17 Ah mampu menempuh jarak 25 km dalam satu kali pengisian. Gokart eco daya menjadi salah satu sarana wisata hobi di masa pandemi. Gokart eco daya menggunakan tempat parkir portabel yang dilengkapi dengan 10 titik penyemprot cairan disinfectan. Tempat parkir portabel ini dapat dibongkar pasang sehingga memungkinkan untuk dibawa berpindah-pindah. Cairan disinfectan disemprotkan saat gokart parkir setelah digunakan. Selain itu, tempat parkir ini dilengkapi sistem panel surya 150 WP pada atapnya, sehingga mampu digunakan untuk melakukan pengisian daya gokart di area wisata.
Bahan bakar minyak adalah sumber energi utama kendaraan transportasi yang lazim digunakan pada saat ini. Bahan bakar yang berasal dari energi fosil merupakan salah satu energi tidak terbarukan. Oleh sebab itu energi ini berpotensi untuk habis dalam beberapa dekade yang akan datang. Berdasarkan data Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPHMIGAS) dalam lamannya menyatakan konsumsi Jenis BBM Umum (JBU) Indonesia pada tahun 2017 mencapai angka 55.400.604.901 liter. Berdasarkan data tersebut konsumsi JBU mengalami peningkatan setiap tahunnya. Konsumsi yang besar tersebut tentu akan berpotensi menyebabkan kelangkaan bahan bakar minyak yang semakin lama semakin menipis ketersediaannya. Selain berpotensi akan habis, konsumsi BBM pada kendaraan bermotor juga menyebabkan pencemaran udara. Kusminingrum (2008:2) dalam papernya menyebutkan bahwa tingkat polusi udara polutan HC, Nox, dan SPM kota kota besar di Indonesia telah melebihi ambang batas standar.
Akhir-akhir ini banyak dikembangkan kendaraan transportasi yang tidak menggunakan bahan bakar minyak, yaitu menggunakan energi listrik. Energi listrik disimpan dalam baterai yang ditempatkan didalam kendaraan sehingga dapat dibawa kemanapun kendaraan itu berpindah tempat. Penggunaan teknologi kendaraan bermesin listrik ini dapat mengurangi
konsumsi penggunaan bahan bakar minyak dan tingkat penyebaran polusi udara. Salah satu kendaraan listrik yang populer saat ini adalah mobil. Mobil listrik diklaim dapat mencapai zero emission, karena tidak menimbulkan gas buang dan polusi suara yang bising. Kendaraan listrik juga dinilai lebih nyaman dan menjadi masa depan teknologi otomotif dunia dalam beberapa dekade kedepan. Hal ini selaras pembangunan indonesia sebagai produsen baterai kendaraan listrik untuk mendukung era kendaraan listrik. dikutip dari laman nikel.co.id yang dipublikasikan pada januari 2021, bahwa indonesia siap menjadi produsen utama baterai kendaraan listrik karena cadangan nikel laterit sebagai bahan baterai lithium melimpah di Indonesia.
Mobil listrik mempunyai kekurangan, yaitu masih bergantung pada sumber pengisian ulang energi listrik masih bergantung pada sumber pembangkit yang menggunakan bahan bakar minyak dan batubara. Hal tersebut mengartikan bahwa konumsi bahan bakar fosil masih tinggi dalam sistem penggunaan mobil listrik. Mobil listrik saat ini belum banyak diketahui masyarakat. Populasi yang sedikit adalah salah satu fakta bahwa mobil listrik belum banyak diketahui masyarakat. Perusahaan Listrik Negara dalam artikel yang dimuat di laman berita CNN Indonesia tahun 2019, jumlah mobil listrik yang ada di jakarta hanya berkisar puluhan unit.
Gokart adalah kendaraan kecil roda 4 yang ditujukan untuk olahraga. Gokart mempunyai mesin sebagai penggerak. Gokart biasanya ditenagai oleh
mesin bermotor bensin. Selain untuk tujuan olahraga, gokart juga ditujukan untuk hobi dan jasa hiburan di sirkuit gokart, mal atau tempat keramaian lainnya. Gokart merupakan salah satu media pendidikan yang murah dan mudah dipahami konstruksinya.
Pandemi Covid-19 menyebabkan melemahnya sektor ekonomi dan pariwisata, terutama bagi daerah yang mengandalkan sektor pariwisata (Fauzan, 2020). Virus akan mudah menyebar di keramaian seperti tempat wisata, sehingga pada beberapa daerah pemerintah memberlakukan penutupan tempat wisata dan memberlakukan pembatasa sosial. Hal ini tentu berdampak pada pendapatan masyarakat yang bergerak di sektor pariwisata. Salah satunya adalah wisata hobi dan olahraga gokart. Persewaan gokart menjadi wisata yang di hindari karena adanya ke khawatiran penyebaran virus corona pada sarana dan prasarana wisata hobi dan olahraga gokart.
.Bedasarkan uraian diatas, pembuatan gokart listrik yang dilengkapi pengisian dengan energi terbarukan sangat penting untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak dan mengurangi tingkat polusi udara dan efisiensi biaya bahan bakar. Wisata hobi dan olahraga gokart juga perlu disesuaikan agar mampu beradaptasi di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat agar protokol kesehatan dapat diaplikasikan pada wisata hobi dan olahraga gokart.
Nama | : | Adzin Kondo Nurbuwat |
Alamat | : | Parangrejo, RT 04/ RW 02, Keloran, Selogiri, Wonogiri |
No. Telepon | : | +6283149303889 |