E-Smart

Smanda Mart (smart) adalah koperasi di SMA Negeri 2 Purbalingga yang menjual berbagai kebutuhan siswa. Kelengkapan yang disediakan mampu melebihi apa yang kantin sekolah dapat sediakan. Permasalahan muncul dikarenakan singkatnya waktu istirahat yakni hanya 15 menit, membuat waktu istirahat menjadi kurang efisien jika digunakan untuk pergi ke smanda mart, terutama bagi siswa yang letak kelasnya jauh dari smanda mart, ditambah banyaknya jumlah siswa yang berkunjung ke smanda mart juga dapat mengakibatkan antrean sehingga muncul sebuah permasalahan baru. 
Oleh karena itu, penulis bermaksud memberikan solusi terhadap masalah yang ada dengan sistem pelayanan yang baru yaitu dengan aplikasi E-Smart. Aplikasi ini dirancang sebagai salah satu media untuk mempermudah siswa dalam membeli produk yang telah disediakan oleh smanda mart. Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone atau laptop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang akan menjabarkan secara lebih dalam fokus masalah yang akan diteliti. 
Tujuan dari inovasi ini adalah pengembangan dari E-commerce  karena melihat peluang serta kemudahan yang ditawarkan. E-commerce yang sedang berkembang luas di dunia teknologi, dan penggunaan dari aplikasi ini dapat menguntungkan banyak pihak, baik pihak produsen, konsumen, maupun penjual.
Dari hasil inovasi yang telah penulis rancang, didapat data bahwa proses  jual beli yang saat ini diterapkan di SMA Negeri 2 Purbalingga telah mengalami perkembangan, dari yang sebelumnya masih sistem manual, saat ini telah beralih ke sistem online melalui aplikasi E-Smart. Selanjutnya, E-Smart diharapkan dapat membantu kegiatan jual beli di SMA Negeri 2 Purbalingga dalam jangka waktu yang panjang.

Smart (smanda mart) adalah koperasi SMA Negeri 2 Purbalingga yang menjual berbagai kebutuhan siswa mulai dari alat tulis, makanan, minuman, seragam, dan sebagainya. Siswa SMAN 2 purbalingga sangat bergantung dengan adanya smanda mart ini. 
    Permasalahan muncul dikarenakan singkatnya waktu istirahat yang diberikan yakni hanya 15 menit. Waktu istirahat yang tersedia akan menjadi kurang efisien jika digunakan untuk pergi ke smanda mart, terutama bagi siswa yang letak kelasnya jauh dari smanda mart dan banyaknya siswa yang berkunjung ke smanda mart akan mengakibatkan antrean panjang. Jadi, untuk mengatasi permasalahan ini, penulis berinovasi untuk menciptakan sebuah aplikasi belanja di smanda mart berbasis online yang disebut E-Smart.
    Konsep E-Smart ini terinspirasi dari adanya E-commerce yang sedang berkembang di dunia teknologi saat ini. Penggunaan sistem ini dapat menguntungkan banyak pihak, baik pihak produsen, konsumen, maupun penjual. Melihat peluang serta kemudahan yang ditawarkan oleh sistem penjualan e-commerce, penulis berencana membuat sistem yang memudahkan kegiatan jual beli siswa SMA Negeri 2 Purbalingga berupa aplikasi belanja berbasis online.
    E-Smart merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh penulis untuk membantu mempermudah siswa dalam membeli produk yang disediakan oleh smanda mart. Melalui E-Smart ini, siswa dapat membeli kebutuhan hanya dengan melalui media elektronik baik handphone maupun laptop. Dengan adanya E-Smart, penulis berharap siswa akan merasa mudah dalam membeli keperluan yang dibutuhkan, dan siswa dapat menggunakan waktu istirahatnya lebih efisien lagi

Pembaruan yang ditawarkan dari adanya inovasi ini dapat mempermudah siswa membeli kebutuhan sekolah di smanda mart melalui E-smart dengan media elektronik baik handphone maupun laptop tanpa harus berjalan ke smanda mart.

Nama : Hana Amalia
Alamat : JL Pucung Rumbak,Desa Bancar,Kecamatan Purbalingga,Kabupaten Purbalingga
No. Telepon : 085725961571