APLIKASI CALL-PLANT

Aplikasi Call-Plant  dapat memudahkan masyarakat apabila ingin bertransaksi tanaman. Pesan-antar tanaman serta jasa menanam dapat dilakukan dengan cepat dan tepat tanpa memerlukan banyak pergerakan. Secara nyata masyarakat hampir selalu memegang handphone sehingga  persebaran aplikasi ini akan cepat dan tepat sasaran. Program ini mampu membantu menyelesaikan permasalahan terkini terkait tetap stay at home dan menjaga jarak, sehingga masyarakat tidak perlu berpergian atau mencari lokasi toko tanaman. Dengan aplikasi ini tidak hanya menyelesaikan permasalahan terkini saja, tetapi untuk kedepannya mampu mempermudah dalam pemesanan tanaman dan membantu UMKM tanaman hias untuk berkembang dan dikenal masyarakat.

Minat masyarakat Indonesia terhadap tanaman hias semakin meningkat tajam. Apalagi di masa pandemi ini para ibu rumah tangga menggemari berbagai jenis tanaman hias dan berusaha membeli tanaman hias yang diinginkan sampai ke luar kota. Berbagai jenis tanaman hias yang sedang naik daun seperti janda bolong, keladi tissue, keladi tengkorak, dan lain-lain, penjualannya semakin meroket. Memiliki tanaman hias yang sedang naik daun menjadi hiburan tersendiri bagi para ibu rumah tangga, untuk menyalurkan hobi bercocok tanam, untuk mempercantik rumahnya, dan untuk koleksi pun juga tak kalah banyak. Dalam hal ini, terdapat beberapa orang yang memanfaatkan peluang ini untuk memperbanyak tanaman hiasnya dan membuka toko tanaman di rumahnya. Namun. UMKM baru ini terdapat kendala dan kesusahan dalam memasarkan produk tanaman hiasnya agar semakin dikenal masyarakat. Memasang banner di depan rumah toko mereka hanya sedikit membantu.

             Di masa pandemi ini seharusnya masyarakat tidak diperbolehkan keluar kota apabila tidak terlalu penting.  Dengan demikian seharusnya para penggemar tanaman memiliki siasat lain agar tidak harus susah payah mencari tanaman hias yang diinginkannya, seperti mencari toko tanaman UMKM terdekat tetapi terkendala kesulitan mencari lokasi.

            Berdasarkan permasalahan diatas maka diperlukan adanya inovasi untuk mengatasi permasalahan tersebut untuk jangka panjang dan  memudahkan kehidupan masyarakat. Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah dengan melalui menciptakan aplikasi Call-Plant yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam pesan-antar tanaman serta jasa menanam dan dihubungkan pada toko tanaman terdekat. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu membantu UMKM untuk memasarkan tanaman hiasnya dan mempermudah masyarakat dalam mencari tanaman yang diinginkannya apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini agar mengurangi masyarakat berpergian keluar kota.

 Keunggulan inovasi dari gagasan ini adalah apabila gagasan ini terlaksana maka diharapkan mampu membantu pemerintah menangani kasus perekonomian UMKM tanaman hias serta membantu masyarakat dalam memenuhi keinginannya dalam membeli tanaman hias dengan mudah, cepat, dan tepat. Serta di masa pandemic seperti sekarang ini, jasa pesan antar bermanfaat untuk mengurangi mobilitas penduduk sehingga mencegah penularan virus.

            Dengan terlaksananya gagasan ini diharapkan Indonesia dapat mengembangbiakan tanaman sendiri tanpa perlu membeli produk-produk impor. Aplikasi Call-Plant ini diharapkan bisa mendunia dan membawa nama baik Indonesia dalam berinovasi jasa pesan antar tanaman hias ini serta dapat membantu UMKM local untuk memasarkan produknya.

Gagasan aplikasi Call-Plant ini layak diterapkan karena berbagai solusi terdahulu yang sudah dilakukan pemerintah masih kurang menerapkan hasil maksimal. Berbagai macam solusi terdahulu sudah dilakukan pemerintah seperti mengadakan bazar tanaman hias dan menyediakan lapak di kawasan Car Free Day. Namun, pada masa pandemi seperti sekarang ini masyarakat dilarang untuk berada di kerumunan, serta acara-acara seperti Car Free Day pun ditiadakan. Sehingga masyarakat kesulitan untuk memasarkan produknya. 
Solusi terdahulu yang lain adalah seperti menyediakan kios atau lapak yang berada di pinggir jalan. Namun, kendalanya adalah jam operasional dibatasi dikarenakan sedang dalam masa PSBB, sehingga penjual kesulitan dalam membayar sewa. Jam operasional yang sebelumnya diperbolehkan buka sampai malam, terpaksa untuk tutup lebih awal dan tidak diperbolehkan untuk toko terlalu ramai karena harus tetap melakukan pembatasan dan jaga jarak, tentu beberapa hal tersebut merugikan penjual tetapi mau bagaimana lagi harus menyesuaikan kondisi agar tidak tertular penyakit. 
Untuk pemilik UMKM tanaman hias rumahan solusi terdahulunya adalah membuat kartu nama atau brosur untuk disebarkan ke rumah-rumah warga ataupun diiklankan di koran . Namun, kini cara tersebut sudah ketinggalan zaman dan tidak terlalu berpengaruh dikarenakan teknologi sudah semakin berkembang, sudah jarang masyarakat membaca melalui koran dan brosur.serta dalam pengiklanan di koran pun biayanya cukup besar dan kurang efektif dan tidak sebanding dengan keuntungan yang didapat.  Maka dari itu, dengan diciptakannya inovasi terbaru berupa aplikasi Call-Plant diharapkan dapat lebih unggul dan dapat selaras dengan perkembangan teknologi, sehingga mampu membantu masyarakat dalam menjalankan bisnis UMKM nya terutama di bidang tanaman hias.

 

Nama : ALIFYA HANANTA RACHMAYANI
Alamat : JALAN MUTIARA RAYA NO 17, KELURAHAN SAMBIROTO, KECAMATAN TEMBALANG, KOTA SEMARANG
No. Telepon : 085876878653