Cenderamata wisata Purworejo berteknologi AR merupakan produk inovasi berupa teknologi yang dapat menggabungan antara benda maya dua dimensi maupun benda maya tiga dimensi dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi. Konsep AR yaitu lingkungan nyata tiga dimensi yang ditambahkan ke suatu media. Media ini dapat berupa logo, kertas atau sombol sebagai marker. AR juga sudah mulai diterapkan pada mobile phone. Mobile phone yang saat ini berkembang pesat adalah mobile phone dengan platform Android yang diterapkan pada cendera mata berupa kaos gantingan kunci serta pernak pernik cendera mata lainnya. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang dirancang untuk meningkatkan realitas suatu gambar digital interaktif, dengan membawanya ke dunia nyata. AR membawa konten digital seperti informasi visual, pendengaran, dan sensorik lainnya ke dalam dunia nyata untuk menambah pengalaman penggunanya. produk ini dibuat dan dipasrakan untuk menarik wisatawan yang berkunjung serta mengenalkan wisata daerah yang kurang peminatnya dan jarang orang yang mengetahui. dengan inovasi ini daiharapkan dapat menarik pengunjung dan meningkatkan wisatawan yang datang berkunung sehingga dapat memajukan serta meningkatkan pendapatan umkm lokal masyarkat di daerah tersebut.
Kata Kunci: Cenderamata, Pariwisata, Augmented Reality.
Pariwisata merupakan salah satu pilar pembangunan ekonomi Indonesia. Wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara menentukan perolehan devisa yang diterima. Menyadari peran vital pariwisata, pemerintah pun berupaya membuat kebijakan dan program pendukung kegiatan kepariwisataan. Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2009 menetapkan enam daya tarik wisata, antara lain: Pantai Jatimalang, Goa Seplawan, Kawasan Gegermenjangan, Pantai Keburuhan, Petilasan WR. Soepratman, dan Museum Tosan Aji. perkembangan jumlah wisatawan yang datang ke objek wisata di Kabupaten Purworejo pada tahun 2010 sampai dengan tahun 2016, cenderung selalu mengalami kenaikan. Hanya saja pada tahun 2013 mengalami penurunan meskipun tidak terlalu signifikan. Dengan meningkatnya jumlah pengunjung dari tahun ke tahun mengindikasikan bahwa minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Purworejo berdampak positif, sehingga objek wisata di Purworejo layak untuk di promosikan secara besarbesaran. Di era modern ini media promosi dapat dilakukan dalam berbagai cara, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang dapat menggabungan antara benda maya dua dimensi maupun benda maya 3 dimensi dalam sebuah lingkungan nyata 3 dimensi. Konsep AR yaitu lingkungan nyata 3 dimensi yang ditambahkan ke suatu media. Media ini dapat berupa logo, kertas atau sombol sebagai marker. AR juga sudah mulai diterapkan pada mobile phone. Mobile phone yang saat ini berkembang pesat adalah mobile phone dengan platform Android. Oleh karena itu, guna mempromosikan objek wisata dan menarik minat wisatawan berkunjung ke Kabupaten Purworejo maka penulis membuat sebuah inovasi berupa “Cenderamata Wisata Purworejo Berteknologi AR"
Biasanya cinderamata hanya sebuah hiasan, pernak-pernik dan oleh – oleh saja. Sedangkan pada cinderamata AR ini terdapat video yang apabila gambar pada cenderamata ini di scan dapat menampilkan objek wisata tersebut. Jadi tanpa harus ke tempat tersebut, penonton dapat menampilkan dan melihat objek wisata sehingga memungkinkan dapat menarik minat untuk berkunjung pada objek wisata yang ada di Purworejo.
Nama | : | Ega Farizqi |
Alamat | : | Desa Sumbersari RT 02 RW 07, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. |
No. Telepon | : | 085213656810 |